Kanou Shinichi - Outbreak Company

Saturday 15 February 2014

Kanou Shinichi
in English
Kanou Shinichi (加納 慎一) merupakan tokoh utama dari serial anime Outbreak Company. Dia memutuskan untuk mencari sebuah pekerjaan demi dapat bebas dari gaya hidup Hikikomori yang telah dia lakukan semenjak masuk SMA, namun dia malah mendapatkan sebuah pekerjaan untuk menyebarkan kultur Otaku di Holy Eldant Empire. Dia merupakan otaku kelas tinggi yang jujur dan tulus mencintai hobinya. Sebagai seorang Otaku yang ahli di bidang Moe, Dia memutuskan untuk mengurung diri dan menjadi seorang "Hikikomori" setelah ditolak oleh gadis yang dia sukai, lebih tepatnya oleh teman masa kecilnya.

Kanou Shinichi 
Setelah menjawab 100 pertanyaan mengenai Otaku di internet, Shinichi disewa untuk menjadi seorang general manager di perusahaan AMutec. Tugasnya adalah untuk menyebarkan kultur otaku dan menjual produk utama Otaku di Jepang seperti anime, manga dan video games ke sebuah negara khayalan Holy Eldant Empire.

Cerita Kanou Shinichi

Kanou Shinichi berhasil menjawab 100 pertanyaan tentang Otaku di internet. Setelah lulus, dia dipanggil oleh Matoba Jinzaburou untuk sebuah tawaran kerja.

Selama wawancara, Shinichi diberikan secangkir kopi yang telah dimasukan obat tidur. Ketika dia terbangun, dia sudah berada di dunia lain, tempat dimana dia masih bisa melihat naga terbang dengan bebas di langit, tepatnya di hutan Ratatos di pinggiran Marinos, ibu kota dari negara Holy Eldant Empire.

Di Holy Eldant Empire
Shinichi menjabat sebagai general manager dari Amutec dan bertugas untuk menyebarkan subkultur Otaku di Holy Eldant Empire. Meskipun pada awalnya dia menolak tawaran tersebut, namun karena dia tidak tahu jalan pulang ke Jepang, terpaksa dia harus menerima pekerjaan tersebut.

Shinichi bertemu dengan beberapa orang yang akan membantunya dalam menjalankan tugas, seperti Myucel Foaran yang akan menjadi maid pribadinya, Koganuma Minori yang bertugas untuk menjamin keselamatannya, dan Bluk Darwen sebagai pembantu.

Shinichi pergi ke istana untuk meminta izin kepada sang penguasa, Petrarca Ann Eldant III untuk pekerjaannya tersebut. Alih-alih memberikan sebuah penghormatan, Shinichi secara tidak sengaja menyebut Petrarca dengan sebutan anak kecil. Dan juga dia menyebut Garius El Coldbal sebagai orang bodoh. Namun, itu membuat Petrarca tertarik kepadanya dan memberikan izin kepada Shinichi untuk menyebarkan Subkultur Otaku.

Perusahaan tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan sekarang, maka Shinichi mulai mengumpulkan banyak materi dari Jepang untuk pekerjaannya, seperti manga, novel, anime, games, dan semua materi yang berhubungan dengan Otaku. Dia juga membuat riset dan melihat terdapat perbedaan yang besar antara Holy Eldant Empire dan Jepang. Hal yang membuatnya sangat terkejut adalah dari calon konsumennya yang dominannya adalah anak kecil, mereka malah dilatih untuk menjadi tentara dan tidak memiliki waktu untuk bermain.

Di tempat kerja, Shinichi dikunjungi oleh Petrarca yang ingin melihat langsung mengenai subkultur Otaku. Karena Petrarca tidak bisa membaca tulisan Jepang, maka Shinichi membacakan manga tersebut untuknya. Bahkan Petrarca duduk di pangkuannya karena dia tidak ingin kalah dari Myucel yang telah menjadi saingannya.

Menjadi Penyusup
Setelah satu bulan di Holy Eldant Empire, Shinichi memutuskan untuk membangun sebuah sekolah yang mengajarkan khusus mengenai Subkultur Otaku. Untuk memulainya, Shinichi memulai dengan mengajarkannya kepada 20 siswa keturunan bangsawan. Harapannya terhadap sekolah adalah dia dapat mencapai ras yang berbeda dan juga lapisan masyarakat. 20 hari kemudian, sekolah tersebut selesai dibangun dan Shinichi memulai kelasnya. Namun, kelompok bernama Patriotic Knights yang dipimpin oleh Alessio membuat gerakan mereka dan menculik Shinichi, termasuk Myucel, Koganuma dan Petrarca.

Selama masa penawanan, Shinichi hampir dieksekusi mati oleh Alessio. Petrarca berkata bahwa membunuh Shinichi tidak ada gunanya, karena dia hanyalah orang yang bekerja untuk Jepang dan bukan pemimpin dari semua ini. Demi keluar dari situasi tersebut, Shinichi memberikan sedikit waktu kepada Koganuma dengan mengaku bahwa alarm yang berbunyi di telepon genggamnya merupakan mantra sihir dimana membuat para pemberontak tersebut agak ketakutan. Dia juga berhasil mencegah terjadinya ledakan yang dihasilkan dari Eradicating Flame, yaitu sebuah senjata sihir perang bertipe api, dengan menggunakan benda dari Jepang, pemadam api.

Kejadian tersebut membuatnya merasa bahwa dia adalah penyusup, namun Matoba meyakinkannya bahwa pekerjaan mereka adalah untuk melindungi minat dari pemerintah Jepang. Dia juga berkata bahwa perbedaan kecil dalam sebuah definisi tergantung dari sebuah perspektif, jika kamu percaya bahwa diri kamu adalah seorang penyusup, maka kamu seorang penyusup. Begitupun jika kamu tidak percaya, maka kamu bukan seorang penyusup.

Satu bulan kemudian, Shinichi sudah mulai terbiasa dengan mengajar sebagai guru di sekolah. Dia mengajarkan banyak hal mengenai kultur Otaku seperti "Zettai Ryouiki (絶対領域)" and "Haitenai (はいてない)", (silahkan kunjungi halaman Istilah Otaku untuk mengetahui arti dari kedua kata tersebut). Namun sebelum dia memberikan istilah yang ketiga, Minori memotongnya karena itu dianggap terlalu berbahaya bagi anak di bawah umur.

Bertemu Dengan Gadis Serigala
setelah sekolah, dia dan Minori bertemu dengan Elbia Hanaiman. Dia merupakan ras manusia serigala dan pandai dalam menggambar. Karena dia dianggap sebagai mata-mata dari Bahailm, pemerintah Eldant membayanya ke istana. Shinichi berhasil meyakinkan Petrarca yang membuatnya memiliki izin untuk merawatnya.

Shinichi tidak pernah membedakan posisinya di dalam mansion, seperti makan bersama dengan para pembantunya dalam satu meja, dimana hal tersebut tidak akan pernah ditemukan di Holy Eldant Empire.

Elbia yang kini menjadi seniman pribadinya mulai memberikan expektasi menarik untuknya, karena dia dianggap memiliki talenta yang kuat dalam menggambar. Namun, Shinichi khawatir bahwa Elbia masih menjadi seorang mata-mata dan siap membunuhnya kapan saja. Suatu malam, Shinichi diserang oleh Elbia di kamarnya. Namun dia tidak dibunuh, Elbia hanya menjilati wajahnya karena dia mengalami panas karena di malam purnama sebagai seorang manusia serigala.

Pertandingan Sepak Bola di Holy Eldant Empire
Shinichi memutuskan untuk membuat sebuah pertandingan sepak bola persahabatan antara ras Dwarf dan Elf setelah melihat kedua ras tersebut selalu bertengkar di dalam kelas. Tujuannya adalah agar semua ras di Eldant dapat berteman, salah satunya adalah dengan pertandingan olahraga. Setelah mendapatkan izin dari Petrarca, Shinichi memberikan batas waktu bagi murid peserta untuk berlatih sepak bola melalui manga dan anime.

Selama pertandingan, Shinichi bertindak sebagai wasit. Dia tidak mengizinkan penggunaan sihir selama pertandingan berlangsung. Namun di babak kedua, Minori meminta kepada Shinichi untuk memperbolehkannya bagi ras elf, karena mereka dikalahkan sebanyak 50-0. Pada awalnya Shinichi masih tidak mengizinkannya, namun Matoba menyarankannya, begitupun dengan Romilda sebagai dwarf menantang Elf untuk menggunakan sihir.

Alhasil pertandingan berubah menjadi zona perang. Shinichi kemudian sadar bahwa olahraga seperti sepak bola tidak bisa digunakan sebagai alat berdamai, bahkan Matoba berpendapat bahwa terkadang olahraga digunakan sebagai alat untuk memperlihatkan harga diri bangsa dengan cara mengalahkan lawannya.

Kembali ke Jepang
Shinichi memutuskan untuk pulang ke Jepang setelah melihat kekacauan yang dilakukan oleh Matoba. Dia membawa material yang salah dari Jepang. Shinichi ingin membawa Myucel, namun Matoba secara gamblang menjelaskan bahwa penduduk Eldant tidak akan bisa hidup di Jepang karena perbedaan udara. Tentu saja itu hanya sebuah kebohongan, karena Myucel terlihat baik-baik saja setelah dia berhasil menyelinap masuk ke dalam tas dan terbawa ke Jepang.

Tidak mau menyia-nyiakan keadaan, Shinichi membawa Myucel pergi ke Akihabara dan memperkenalkan segala hal yang memiliki keterkaitan dengan Jepang dan Otaku.

Di malam hari, Shinichi berada dalam situasi yang tidak nyaman, karena di dalam kamarnya hanya ada Shinichi dan Myucel berduaan. Shinichi memiliki pikiran untuk melakukan sesuatu yang lucu terhadap Myucel, yang kemudian dia urungkan niatnya setelah mendengar Myucel mengigau mengenai omelet yang mereka makan tadi siang.

Setelah kembali ke Eldant, Shinichi malah lupa untuk membawa material yang dia janjikan dan mendapatkan hukuman dari Matoba.

Petrarca di Hikikomori
Ketika Petrarca merasa bosan dengan pekerjaannya sebagai penguasa, dia memutuskan untuk menutupd diri dari dunia luar dan sosial, atau lebih dikenal dengan Hikikomori. Shinichi adalah orang yang paling diharapkan untuk menolong Petrarca dalam menghadapi permasalahan tersebutm karena dia dianggap sebagai professional di bidang Hikikomori. Sebagai seorang professional dan mengerti tentang perasaan orang-orang yang sedang Hikikomori, Shinichi mencoba untuk mendekati dan menyediakan apa yang Petrarca butuhkan.

Selama proses berlangsung, Shinichi memutuskan untuk bermalam di kamar Petrarca, dia menunjukkan segalanya mengenai Hikikomori dan berhasil membuat Petrarca kembali ke pekerjaan dan kehidupan sosial.

Episode Pantai
Matoba menyarankan Shinichi untuk pergi liburan. Dia kemudian meminta saran Garius tentang tempat yang bisa dia tuju, yang kemudian berakhir di pantai. Shinichi sangat antusias mengenai liburan tersebut karena dia seperti berada dalam episode pantai, seperti di anime.

Namun kesenangan mereka terganggu oleh para penyelundup. Menurut Loic Sleison, para pemberontak tersebut telah membuat Romilda tak sadarkan diri. Shinichi dan yang lainnya membuat sebuah rencana untuk menangkap mereka. Ketika Myucel tertangkap, Shinichi datang dan menyelamatkannya. Selama kejadian tersebut, Shinichi secara tak sengaja melihat payudara Myucel karena baju renangnya merosot.

Identitas para penyelundup pun berhasil diketahui, mereka adalah orang-orang dari JSDF yang mencoba untuk mengintip para wanita yang mengenakan pakaian renang dan mengambil gambar mereka dengan kamera berspesifikasi tinggi.

Membuat Film
Matoba memberikan berita buruk kepada Shinichi bahwa rekaman permainan sepakbola antara Dwarf dan Elf telah bocor di internet. Masyarakat Jepang mencurigai mengenai adanya Holy Eldant Empire. Shinichi kemudian memiliki ide untuk membuat film yang akan membuat para pengguna internet berpikir bahwa video yang beredar tersebut hanyalah video dokumentasi palsu.

Selama syuting berlangsung, Shinichi menjadi peran di film tersebut. Meskipun di akhir proses syuting menjadi kacau karena naga asli datang dan menghancurkan segala peralatan, namun film yang mereka buat berhasil disiarkan. Shinichi mendapatkan ciuman dari Petrarca sebagai ucapan terima kasih karena dia telah membuat dunianya lebih menyenangkan.

Outbreak Company
Setelah Shinichi mendapatkan pujian dari atasannya mengenai pekerjaannya, Shinichi mengungkapkan mengenai tujuan asli pemerintah Jepang yang akan menginvasi Holy Eldant Empire. Matoba menjelaskan bahwa pemerintah Jepang menggunakan kultur Otaku untuk memerangi Eldant dengan cara memberikan sedikit stok suplay produk Otaku seperti manga, anime, dan light novel. Dan Shinichi telah dijadikan sebagai penyerang depan dalam rencana invasi tersebut.

Mengetahui posisinya tersebut, Shinichi kehilangan semangat dalam hidupnya. Dia bahkan berpikir untuk berhenti dari pekerjaannya, namun Minori menjelaskan bahwa itu justru akan sangat berbahaya untuknya karena dia telah mengetahui terlalu banyak mengenai Holy Eldant Empire. Setelah mendapatkan dukungan moril dari Myucel, dia memiliki ide yang gila sekaligus brilian untuk diberikan kepada Petrarca. Dia menyarankan agar Eldant membuat anime atau manga sendiri, dia memberi penilaian bahwa Eldant mampu melakukannya karena mereka juga memiliki orang-orang yang bertalenta seperti Elbia dan Edward. Petrarca menyetujui ide Shinichi tersebut.

Tindakannya tersebut telah membuat dia menjadi target pembunuhan, suatu malam dia diserang oleh dua orang dari pemerintah Jepang, namun Petrarca telah mengetahui hal tersebut sebelumnya dan mengirimkan beberapa maid nya untuk menjaga Shinichi. Meskipun dia telah selamat, Shinichi masih belum bebas dari ancaman pembunuhan. Serangan kedua dilancarkan dengan lebih mulus. Para pembunuh tersebut memancing Shinichi untuk pergi ke sekolah yang telah mereka bakar. Karena disana terdapat barang berharga milik Shinichi, dia berhasil dijebak dan ditinggalkan terbakar hingga mati disana.

Myucel, Elbia dan Bluk mencoba menyelamatkannya, diikuti oleh bantuan Minori, Shinichi diselamatkan. Matoba menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut akan membuat kerja sama antara Eldant dan Jepang terputus, namun Shinichi memiliki ide dan ingin berbicara dengan superior. Melalui internet, Shinichi mencoba untuk memancing superior untuk berbicara mengenai rencana mereka, Petrarca yang sudah mengerti bahasa Jepang akhirnya menjadi mengetahui mengenai rencana tersebut dan membalikkan keadaan. Rencana Shinichi berjalan mulus dan semenjak itu, Shinichi akan terus melanjutkan misinya untuk menyebarkan kultur Otaku di Eldant Empire.

Bisa juga dikatakan bahwa diantara gadis-gadis cantik di Eldant Empire, Shinichi lebih memiliki Myucel. Terdapat adegan dimana dia hampir mengutarakan perasaannya kepada Myucel.


Referensi

  1. Otaku Shop
  2. Outbreak Company episode 1
  3. Outbreak Company episode 2
  4. Outbreak Company episode 3
  5. Outbreak Company episode 4
  6. Outbreak Company episode 5
  7. Outbreak Company episode 6
  8. Outbreak Company episode 7
  9. Outbreak Company episode 8
  10. Outbreak Company episode 9
  11. Outbreak Company episode 10
  12. Outbreak Company episode 11
  13. Outbreak Company episode 12

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © 2012 Anime Bibly Indonesia
Template by Protonema | Bloggerized by Themescook | Redesign by Nubito